harga mobil
Home » » Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Cepat Panas (OverHeat)

Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Cepat Panas (OverHeat)

Jika temperatur mesin mobil anda mendadak menjadi cepat sekali panas, mungkin ada sedikit masalah pada sistem pendingin mesin mobil anda. Bisa jadi radiatornya bermasalah atau kinerja kipasnya kurang maksimal. Anda tidak perlu keburu panik, sebab ada cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Tapi sebelum anda mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi mesin mobil yang cepat panas, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Sebab, dengan mengetahui penyebabnya, anda akan bisa mengatasinya atau memperbaikinya dengan tepat.

Umumnya, mesin mobil akan menjadi cepat panas disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

Radiator mampet
Radiator mampet biasanya disebabkan karena kisi-kisi radiator yang kotor sehingga sirkulasi air tidak bisa sempurna. Hal tersebut dapat mengakibatkan mesin mobil menjadi cepat panas. Cara memperbaikinya adalah dengan cara mengganti kisi-kisinya dengan yang baru.

Volume air terus berkurang
Satu lagi penyebab mesin mobil menjadi cepat panas adalah karena volume air terkuras cukup banyak. Hal tersebut biasanya terjadi karena ada salah satu yang bocor antara tutup radiator, selang ataupun sambungannya. Cara mengatasinya adalah dengan cara mengganti tutup radiatornya dengan yang baru jika yang bocor adalah tutup radiatornya. Sementara jika yang terjadi adalah karena selang atau sambungannya yang bocor, maka cara mengatasinya adalah dengan melakukan perbaikan di bengkel-bengkel langganan anda atau bengkel resmi.

Motor kipas tidak berfungsi dengan maksimal
Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Cepat Panas (OverHeat)

Jika motor kipas sudah tidak berfungsi dengan maksimal sebagaimana mestinya, maka yang terjadi adalah kipas akan menjadi lemah sebab daya putarannya tentu akan berkurang dan dampaknya mesin tidak bisa didinginkan secara maksimal menggunakan kipas akibatnya mesin akan cepat panas atau overheat. Cara mengatasinya adalah dengan menggantinya dengan kipas yang baru.

Lalu, bagaimana jika masalah tersebut (mesin cepat panas) terjadi secara mendadak atau ketika kita sedang berada dalam suatu perjalanan misalnya? Jangan khawatir, jika kondisi tersebut (berada dalam perjalanan) yang terjadi, anda bisa menyiasatinya dengan cara di bawah ini:

Pertama : pinggirkan mobil anda, lalu bukalah kap mesinnya dan angkat pengungkit yang ada di atas radiator dengan hati-hati, lalu biarkan sampai beberapa menit. Hal tersebut bertujuan untuk membebaskan tekanan.

Kedua : putar penutup radiator hingga setengah putaran secara berlawanan dengan arah jarum jam dengan menggunakan kain atau lap. Biarkan hingga penutupnya berhenti mengeluarkan cairan. Hal tersebut bertujuan untuk lebih mengurangi tekanan dengan lebih banyak lagi.

Ketiga : Setelah penutup radiatornya berhenti mengeluarkan cairan, teruskan dengan mengangkat penutupnya dengan cara menekan dan memutar penutupnya lagi secara berlawanan dengan arah jarum jam. Biarkan kurang lebih hingga setengah jam supaya mesin kembali dingin.

Keempat : setelah mesin benar-benar dingin, lanjutkan dengan mengisi kembali cairan yang tumpah tadi dengan yang baru atau bisa juga dengan menggunakan coolant radiator.

Dengan melakukan cara sederhana di atas (cara mengatasi mesin yang cepat panas), semoga masalah mesin overheat tidak menjadi hambatan anda selama anda dalam perjalanan.

Support :Copyright © 2013. Tips Otomotif Terbaru Didukung oleh Informasi Mobil Dikelola Server Pulsa Nasional