harga mobil
Home » » Cara Melepas dan Memasang Setir Mobil dengan Alat seadanya

Cara Melepas dan Memasang Setir Mobil dengan Alat seadanya

Pada kondisi-kondisi tertentu mungkin anda perlu untuk melepas setir mobil anda, bisa karena anda merasa setir mobil anda miring (tidak serasi dengan roda) atau hanya karena anda bosan dengan setir mobil anda sekarang dan ingin menggantinya dengan setir mobil yang baru anda beli.

Untuk urusan ini (melepas dan memasang setir mobil) anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membayar bengkel sebab sebenarnya anda bisa melakukannya sendiri walaupun dengan alat seadanya dan tanpa punya pengalaman dan keahlian.

Cara Melepas dan Memasang Setir Mobil dengan Alat seadanya

Dimulai dari cara untuk melepas atau membuka setir:
Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka tombol klaksonnya atau yang dikenal dengan nama horn pad terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membuka baut yang ada di bawah tombol klakson, biasanya baut yang ada di bawah klakson ini adalah baut ukuran 8 mm atau baut dengan kunci bintang. Jadi anda bisa menggunakan kunci 8 mm atau kunci bintang untuk membukanya.

Kedua : setelah baut tadi berhasil anda buka, kemudian lepas horn pad dari stangnya dengan cara menariknya. Tapi sebelum itu pastikan anda melepas kabel klakson yang ada pada horn pad.

Ketiga : setelah horn pad berhasil anda lepas, semestinya anda akan melihat baut lagi tapi dengan ukuran yang lebih besar yakni baut 19 mm. Kendorkan baut tersebut lalu lepas setirnya dengan cara menariknya, ingat baut 19 mm tadi cukup dikendorkan saja jangan dibuka atau dilepas. Hal tersebut bertujuan agar setir tidak melukai wajah anda ketika menariknya sebab tidak jarang wajah menjadi korban ketika setir ditarik, terlebih lagi jika kondisi setir masih baru atau belum pernah dilepas, setir akan susah ditarik.

Keempat : selamat anda berhasil melepas setir mobil anda sendiri walaupun dengan menggunakan alat seadanya.

Kemudian cara untuk memasangnya kembali, sebenarnya tanpa dituntunpun anda pasti bisa memasangnya kembali. Tapi ada hal penting yang perlu anda perhatikan ketika anda akan memasang setir kembali. Anda harus pastikan jika posisi roda depan benar-benar lurus sebelum anda memasang setir. Sebab, jika setir anda pasang ketika posisi roda depan tidak lurus maka yang akan terjadi adalah setir akan miring dan tentunya akan sangat bahaya sekali jika anda mengendarai mobil dengan posisi setir miring di jalanan.

Tapi tenang, ada tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk memastikan anda memasang setir pada posisi roda depan yang benar-benar lurus. Yakni ketika anda memasang setir tadi, baut 19 mm-nya dipasang tapi jangan terlalu kencang (pasang kendor saja), lalu jalankan mobil pada posisi lurus. Setelah anda yakin posisi roda depannya sudah benar-benar lurus, kemudian lepas lagi setirnya dengan melepas baut 19 mm yang tidak dikencangkan tadi. Setelah itu pasang kembali setirnya dan kencangkan juga baut 19 mm-nya.

Support :Copyright © 2013. Tips Otomotif Terbaru Didukung oleh Informasi Mobil Dikelola Server Pulsa Nasional