harga mobil
Home » » 6 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Membeli Mobil Baru

6 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Membeli Mobil Baru

cara membeli mobil
Tidak sedikit orang yang merasa bingung ketika hendak membeli sebuah mobil, bahkan tidak sedikit pula dari mereka yang berusaha mencari info sampai kesana-kemari untuk memperoleh referensi yang cukup mengenai mobil apa yang baik untuknya, mungkin begitu juga dengan anda. Tidakan seperti itu memang harus dilakukan, sebab membeli sebuah mobil tidak sama dengan membeli sebuah mainan. Membeli sebuah mobil apalagi mobil baru, dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit alias butuh dana besar bisa puluhan juta, ratusan hingga milyaran.

Nah untuk itu, buat anda yang masih merasa bingung dan belum membuat keputusan tentang mobil apa atau mobil seperti apa yang akan anda beli nanti (yang sesuai dengan kebutuhan anda pastinya), kami memiliki sedikit informasi yang mungkin bisa membantu anda dalam membuat keputusan. Informasi tersebut adalah informasi mengenai apa saja hal-hal yang perlu anda perhatikan atau anda pertimbangkan pada saat membeli sebuah mobil. Untuk informasinya, anda bisa melihatnya di bawah ini:


6 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Membeli Sebuah Mobil baru

1. Fungsi dan Kapasitas
Pertama kali yang harus anda pertimbangkan ketika akan membeli sebuah mobil adalah fungsinya, mau buat apa mobil tersebut nantinya, apakah untuk rental (persewaan), niaga, atau untuk pribadi. Misakanl mobil yang akan anda beli tersebut rencananya akan anda gunakan sebagai mobil pribadi, nah di sini anda juga harus pertimbangkan mobil pribadi dengan kapasitas berapa penumpang, apakah mobil yang memiliki kapasitas banyak penumpang seperti mobil MPV supaya bisa dikendarai bersama-sama dengan semua anggota keluarga atau mobil dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit seperti mobil hatchback atau mobil sedan.


2. Spesifikasi dan Fitur
Anda harus perhatikan bagaimana spesifikasi mobil yang akan anda beli nanti, sebab ini akan berkaitan dengan performa dan kehandalan mobil ketika dikendarai. Selain itu, cari tahu apa saja fitur-fitur yang ada pada mobil. Sebab kenyamanan anda selama berkendara nanti sedikit banyak akan dipengaruhi oleh fitur-fitur yang ada pada mobil tersebut. Fitur-fitur tersebut meliputi fitur keamanan, fitur keselamatan dan fitur kenyamanan seperti alarm, keyless entry, Immobilizer, airbag, rem ABS, Audio sistem dll.


3. Harga Mobil
Hal yang perlu anda pertimbangkan berikutnya adalah masalah harga. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan terutama jika budget yang anda siapkan untuk membeli mobil tidak terlalu banyak. Anda harus bisa bijak memilih mobil apa dan dari brand apa yang banderol harganya sesuai dengan kemampuan finansial anda. Sebab jika tidak, bukan tidak mungkin anda malah akan kerepotan menyiapkan dana besar untuk biaya angsuran tiap bulannya nanti (jika membeli secara kredit).


4. Harga dan Ketersediaan Spare part(suku cadang)
Poin berikutnya adalah harga dan ketersediaan spare part atau suku cadang mobil yang akan anda beli di pasaran. Ini juga penting untuk dipertimbangkan, sebab tidak mungkin mobil akan selalu baik-baik saja sepanjang tahun, pasti akan ada saat-saat tertentu dimana komponen mobil sudah mulai aus atau sudah tidak bekerja dengan optimal dan harus segera diganti dengan suku cadang yang baru. Nah, untuk meminimalisir biaya perbaikan tersebut, anda bisa memilih mobil yang harga spare part atau suku cadangnya murah. Selain itu, pilihlah mobil yang suku cadangnya mudah didapat, kecuali jika anda berdomisili di kota-kota besar, mungkin ketersediaan suku cadang ini tidak lagi menjadi masalah serius.


5. Desain atau Tampilan Mobil
Desain mobil termasuk faktor penting untuk dipertimbangkan, sebab desain atau tampilan mobil yang anda kendarai nanti akan memberi penilaian tersendiri terhadap anda di mata teman-teman atau rekan kerja anda. Di sini anda bisa membuat keputusan membeli mobil berdesain sporty, modern atau luxury.


6. Nilai jual kembali
Nilai purna jual juga perlu anda perhatikan, sebab bukan tidak mungkin kan suatu saat anda butuh uang atau anda merasa bosan dan ingin menjualnya (mobil tersebut). Nah, untuk itu sebaiknya anda pilih mobil yang nilai purna jualnya tergolong tinggi atau setidaknya stabil di pasaran.

Support :Copyright © 2013. Tips Otomotif Terbaru Didukung oleh Informasi Mobil Dikelola Server Pulsa Nasional