harga mobil
Home » » Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas


Ketika dana sedang terbatas, dan keinginan untuk segera memiliki mobil tidak bisa ditunda lagi, kebanyakan orang cenderung untuk membeli sebuah mobil bekas atau second. Hal tersebut tidaklah salah, tapi harus mengetahui cara dan tipsnya agar tidak salah dalam memilih. Sebab tidak sedikit orang yang dibuat kecewa lantaran mobil bekas yang mereka pilih tersebut ternyata memiliki banyak masalah ketika sudah dibeli. Ada yang mengeluh kurang inilah - kurang itulah, ada juga yang kecewa karena bensinnya terlalu boros, terlalu sering mogok dll.

Nah, agar anda terhindar dari hal-hal yang mengecewakan tersebut, sebaiknya anda pertimbangkan 7 tips penting berikut ini sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas idaman anda:
tips membeli mobil bekas
gambar dari menjaga-bumi.blogspot.com

1. Periksalah Bagian Eksteriornya
Cobalah anda tanyakan kepada penjual, apakah mobil yang anda incar tersebut pernah dicat ulang. Hal ini penting, sebab tidak jarang pemilik lama mengecat ulang mobilnya untuk menutupi atau menyamarkan kerusakan pada body mobil tersebut. Selain itu, perhatikan juga, apakah ada penyok atau goresan pada bagian bodynya. 

2. Periksa bagian-bagian yang tersembunyi
Memeriksa bagian-bagian yang tersembunyi seperti bumper, velg atau knalpot dll merupakan bagian penting ketika membeli mobil bekas. Pastikanlah tidak ada karat pada bagian-bagian tersebut.

3. Periksalah bagian Interiornya
Periksalah dengan teliti bagian dalam atau interior mobil yang anda incar itu. Pastikan tidak ada kerusakan di dalamnya seperti sarung jok yang sobek, bekas terbakar, akses pintu yang susah dll.

4. Periksalah Bagian Luar Mesin
Memeriksa bagian luar mesin bisa anda mulai dengan membuka kap mesin, kemudian periksalah kebersihan mesin. Pastikan tidak ada kerusakan atau karat pada mesin tersebut. Selain itu, yang juga tidak kalah penting adalah pastikan tidak ada oli yang bocor disekitar katup penutup dan kepala paking. 

5. Periksalah bagian Dalam Mesin
Bagi orang yang awam tentang mesin, mungkin memeriksa bagian dalam mesin akan terlihat sulit, padahal jika tahu caranya, hal ini cukup mudah untuk dilakukan. Cukup dengan cara memeriksa oli dengan menggunakan jari, jika terdapat partikel kecil, ada kemungkinan mesin mobil atau kendaraan yang anda incar tersebut sudah keropos atau bermasalah (kurang sehat).

6. Periksalah bagian kelistrikannya
Tahap ini bisa dilakukan dengan cara menyalakan seluruh lampu pada mobil, selain itu, anda juga bisa melihat pada dashboard apakah tanda-tanda peringatan masih bisa berfungsi dengan baik.

7. Periksa Rem dan Transmisi
Jika memungkinkan, pemeriksaan bagian rem dan transmisi ini sebaiknya anda coba atau tes secara langsung. Sebab bagian ini tergolong cukup vital demi keselamatan saat berkendara nantinya. Anda bisa tanyakan kepada penjual, apakah mobil tersebut boleh untuk dijalankan.

Support :Copyright © 2013. Tips Otomotif Terbaru Didukung oleh Informasi Mobil Dikelola Server Pulsa Nasional