Cara Mengatasi Mobil yang Mogok

Pada dasarnya, ada 3 komponen yang menggerakkan mesin sehingga mobil bisa hidup atau menyala, yaitu penyuplai daya, pengapian, dan suplai (pemasok) bahan bakar. Jika salah satu dari ketiga komponen tersebut ada yang tidak berjalan dengan baik sudah dapat dipastikan mobil akan mogok atau sulit menyala. Tentu saja, kita tidak ingin masalah mobil mogok terjadi pada mobil anda. Tapi, tidak selalu kejadian mobil mogok dapat kita hindari selamanya, pasti ada kalanya (jika lagi apes) kita harus mengalami hal yang demikian. Bagi orang yang paham betul tentang permesinan mungkin masalah mobil mogok bukan masalah yang berarti. Tapi bagaimana dengan orang yang kurang mengerti (masih awam) dengan mesin?
Cara mengatasi mobil mogok
gambar dari ndiee.com

Nah, untuk itu, berikut ini adalah cara mengatasi atau cara memperbaiki mobil yang sedang mogok :
  • Periksa switcher starter
Kebanyakan orang menganggap ini sepele, padahal, ada kemungkinan penyebab mobil menjadi mogok adalah karena masalah pada switcher. Biasanya, masalah pada switcher starter adalah renggangnya kabel penghubung plus-minus atau memang sudah aus. Jadi, ada baiknya jika anda memeriksa piranti switcher mobil anda jika mobil sedang mogok atau susah nyala. Jika memang terdapat masalah pada switcher, gantilah dengan yang baru. Tapi jika anda berada di tengah-tengah perjalanan yang jauh dari toko onderdil, sebagai langkah darurat anda bisa menyiasatinya dengan cara menyambung kabel plus-minus dengan peniti atau kawat kecil yang tajam.
  • Periksa Penyuplai Daya
Memeriksa penyuplai daya (aki) ketika mobil mogok merupakan sebuah inisiatif yang perlu dilakukan. Sebab, tidak jarang mobil mogok karena terjadi masalah pada aki. Biasanya masalah yang sering muncul pada aki adalah kendornya sambungan di kutup (kepala) aki atau istilahnya korosi. Bila hal ini yang terjadi, cara mengatasinya cukup dengan cara mengencangkan baut pada kutup aki tersebut dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sekitar aki. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa aki mobil anda tidak kekurangan setrum (bila kekurangan setrum bisa dicharge terlebih dulu).
  • Periksa Bagian Pengapian
Apabila tidak ada masalah pada komponen penyuplai daya, ada kemungkinan penyebab mobil mogok adalah karena ada masalah pada bagian pengapian (busi), sebab jika salah satu busi mobil kotor atau aus (mati), mesin bisa ngandat (tidak hidup). Jadi periksalah bagian pengapian ini dengan cara membersihkannya dari kotoran dan pastikan sambungan atau koneksi busi terpasang dengan benar.

Dan jika koneksi busi sudah benar dan juga sudah anda bersihkan tapi tetap rewel, ada kemungkinan busi tersebut sudah aus. Jika demikian, ganti dengan busi baru.
  • Periksa Bagian Penyupply Bahan Bakar
Penyebab mobil mogok juga sering terjadi karena adanya masalah pada bagian supply bahan bakar. Biasanya, masalah yang sering terjadi (mesin susah hidup) adalah karena karburator (untuk mobil yang masih menggunakan karburator) kotor atau kebanyakan bensin ataupun sebaliknya (kekurangan bensin). Cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkannya terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan membuka filter udara karburator beberapa saat dan hidupkan mesin tanpa menginjak pedal gas atau sekalian injak dalam-dalam, begitu mesin hidup, lepaskan injakan pada pedal gas.

Selain masalah pada karburator, kinerja pompa bensin yang tidak berjalan dengan baik atau rusak juga bisa menjadi penyebab mobil mogok. Cara mengeceknya, bisa dilakukan dengan cara melepas selang bahan bakar (selang saluran bensin) kemudian nyalakan mobil. Jika bensin masih mengalir, berarti pompa bensin masih berjalan dengan baik begitupun sebaliknya.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah dicek dengan baik tapi mobilnya masih saja tidak nyala alias mogok, tidak ada jalan lain, dengan terpaksa harus memanggil mobil Derek dan membawa mobil anda ke bengkel terdekat.