Home » » Bingung Antara Memilih Mobil Murah LCGC atau Mobil Bekas (Second)?

Bingung Antara Memilih Mobil Murah LCGC atau Mobil Bekas (Second)?

Mau beli sebuah mobil tapi bingung mau beli mobil bekas atau mobil murah LCGC? Pilihan antara membeli sebuah mobil bekas dan Mobil baru LCGC bisa dianggap adalah pilihan yang cukup sulit mengingat kisaran harga antara 2 kategori mobil tersebut hampir sama. Tapi ada cara jitu agar kita bisa memutuskannya dengan bijak. Mau tahu apa caranya?

Sebenarnya sih caranya simpel saja, yakni cukup ketahui kemampuan atau pengetahuan kita dalam masalah permobilan. Maksudnya jika anda memang paham akan mobil, memilih untuk membeli sebuah mobil bekas atau second seharusnya tidak masalah sebab anda pasti bisa mengetahui apakah mobil bekas yang akan anda beli tersebut kondisinya masih bagus atau sebaliknya. Tinggal ketelitian dan kejelian anda dalam memilih yang harus diperhatikan. Lain halnya jika anda termasuk orang yang awam akan mobil.

Mobil Bekas atau Mobil LCGC
Jika anda kurang paham akan mobil sebaiknya anda pilih untuk membeli mobil murah LCGC yang belakangan ini lagi booming. Meskipun sebenarnya spesifikasi dan fitur yang ada pada mobil LCGC masih kalah jauh dibanding spesifikasi dan fitur pada mobil-mobil bekas non LCGC, tapi setidaknya mobil yang anda beli tersebut tidak akan pernah ada masalah (kerusakan) sebab mobil tersebut adalah mobil baru. Biasanya anda baru akan menemui masalah kerusakan pada mobil anda (mobil LCGC) setelah anda memakainya selama 5 tahunan. Pada masa pemakaian dalam kurun waktu itu, biasaya sudah ada beberapa komponen yang memang perlu untuk diperbaiki atau diganti dengan yang baru, sebab memang sudah banyak komponen-komponen mobil yang sudah mulai aus, yang paling gampang adalah ban.

Jadi kesimpulannya adalah jika anda paham akan mobil dan ingin memiliki (membeli) sebuah mobil yang memiliki spesifikasi dan fitur yang mantap tapi yang harganya murah, anda bisa memilih untuk membeli sebuah mobil bekas atau second. Tapi jika sebaliknya, anda tidak paham akan mobil dan ingin membeli mobil tapi yang harganya murah, tidak ada pilihan lain selain memilih untuk membeli salah satu mobil LCGC. Toh saat ini pilihan jenis mobil LCGC yang tersedia di pasaran sudah banyak, jadi anda bisa leluasa memilih jenis mobil LCGC apa yang cocok dengan selera anda (baca macam-macam mobil LCGC). Salah satu contoh jika anda suka dengan mobil yang kapasitas CC-nya agak besar, anda bisa memilih jenis mobil LCGC honda Brio Satya, tapi jika anda ingin memiliki jenis mobil keluarga layaknya avanza atau xenia anda juga bisa melirik daihatsu ayla atau toyota agya.

Lalu jika ada pertanyaan bagus mana antara mobil bekas non LCGC dengan mobil murah LCGC?
Untuk memutuskan mana yang lebih baik diantara keduanya sebenarnya sih sedikit susah sebab harus lihat fisik mobil bekasnya dulu, seperti apa kondisi mobil bekas tersebut dan bagaimana sejarah dari pemilik sebelumnya? kalau mobil LCGCnya sih tidak perlu dilihat juga pasti tidak akan ada masalah sebab mobil baru kecuali cacat pabrik.

Mobil yang oleh pemiliknya sengaja dijual dengan alasan karena butuh uang atau sudah bosan dengan mobil tersebut, biasanya kondisi mobil tersebut bisa dikatakan ada di level lumayan hingga baik. Tapi jika mobil tersebut dijual oleh pemiliknya karena mobil tersebut pernah dipakai tabrakan (baca ciri-ciri mobil yang pernah dipakai tabrakan) atau pernah terendam banjir, sudah pasti mobil tersebut akan suka minta uang jajan nantinya alias sering minta service. Jadi menurut saya sih, selama anda masih belum paham bagaimana ciri-ciri mobil yang kondisinya baik sebaiknya anda beli mobil murah LCGC saja toh jika anda ingin fitur-fitur tambahan anda bisa menambahkannya sendiri.

Dan agar lebih mempertegas dan menghilangkan rasa bingung anda, berikut ini kami tampilkan kelebihan dari masing-masing kategori mobil tersebut (Mobil LCGC dan Mobil Bekas) yang mungkin juga bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan:

Kelebihan membeli mobil LCGC
1. Harganya murah
2. Mobil masih dalam kondisi baru
3. Mobil dipastikan tidak akan masuk bengkel apalagi sampai menginap
4. Tidak perlu mengeluarkan biaya service
5. Tinggal tancap gas

Kelebihan membeli mobil bekas
1. Harga variatif tergantung jenis dan tipe mobil
2. Spesifikasi mobil lebih mantap dan lebih kaya fitur
3. Performa oke
4. Kalau toh suatu saat mau dijual lagi selisih harganya tidak terlalu banyak

Support :Copyright © 2013. Tips Otomotif Terbaru Didukung oleh Informasi Mobil