Home » » Cara Mengetahui Kapan Sebuah Aki Dibuat Melalui Kode Produksi

Cara Mengetahui Kapan Sebuah Aki Dibuat Melalui Kode Produksi

Mengetahui kapan sebuah aki diproduksi, bisa jadi akan sangat berguna bagi anda yang berniat untuk membeli sebuah aki baru. Cara mengetahuinya adalah dengan memperhatikan kode produksinya. Mengapa? Sebab, kode produksi yang tertera pada bodi aki akan menunjukkan kapan aki tersebut dibuat. Dan untuk mengetahuinya, anda harus bisa membaca kode produksi yang tertera pada aki itu terlebih dahulu.

Lalu, apa manfaatnya mengetahui cara membaca kode produksi aki ini?
Cara Membaca Kode Produksi Aki

Seperti yang telah disebutkan di atas,dengan mengetahui cara membaca kode produksi pada aki ini, tentunya anda akan mengetahui kapan aki tersebut dibuat.Dengan demikian, anda bisa mengetahui apakah aki yang akan anda beli itu merupakan aki yang masih baru  atau aki yang sudah kadaluarsa. Jadi, anda bisa terhindar dari kasus penipuan.

Trus, bagaimana cara untuk membaca kode produksi pada sebuah aki?

Cara membacanya adalah dengan memperhatikan 4 digit huruf atau angka terakhir dari kode produksi pada sebuah aki. Misal kode produksi yang tertera pada aki yang hendak anda beli adalah JA22G15, 4 digit terakhir dari kode tersebut adalah 2G15. Angka 2 menunjukkan tahun pembuatan aki tersebut yakni tahun 2012. Huruf G menunjukkan bulan aki tersebut diproduksi yakni bulan ke-7 atau bulan Juli (perhitungan bulan produksi ini meliputi huruf A hingga L). Sedangkan dua digit terakhir menunjukkan tanggal produksinya, yakni tanggal 15. Jadi, aki yang akan anda beli tersebut diproduksi pada tanggal 15 Juli 2012.

Cara membaca kode produksi aki ini berlaku hanya untuk aki-aki merk global, delkor, Rocket, dan Bosch. Sebab, keempat merk aki tersebut memiliki cara atau teknik pengkodean yang sama pada produknya.

Support :Copyright © 2013. Tips Otomotif Terbaru Didukung oleh Informasi Mobil